Tuesday, November 19, 2013

Kiat Kiat Sukses Menghadapi Sidang Sarjana S1



Tulisan ini dibuat untuk melengkapi tulisan matakuliah softskill (Pengantar Bisnis Informatika). Berdasarkan objektifnya berikut beberapa point yang dapat saya utarakan yang menyangkut kiat kiat sukses menghadapi siding sarjana s1.
Kiat kiat sukses;


·         Dikarenakan setiap individu mempunyai keyakinan masing masing, maka dari itu kiat sukses ini dimulai dengan selalu berdoa kepada sang Pencipta, Tuhan YME. Dimaksudkan agar mendapat berkah dan kelancaran dalam menghadapi sidang s1 dalam segi materi maupun tekanannya.

·         Skripsi yang berarti sesuatu yang harus ditinggalkan mahasiswa pada universitasnya, maka dari itu kita harus membuatnya dengan benar dan penuh struktur, serta yang paling penting yaitu membuat dengan kepala dan otak kita sendiri. Jadi, dengan seperti itulah kita dapat memahami isi dari skripsi ataupun tulisan kita sendiri halaman demi halaman.

·         Buat beberapa daftar pertanyaan yang frekuensinya besar ditanyakan oleh dosen penguji, pembuatan pertanyaan ini sembarang tidak harus dengan aturan aturan tertentu. Disinilah skill kita dilatih untuk memperkirakan apa yang akan ditanyakan oleh sang dosen penguji/penyidang.

·         Persiapkan pakaian yang rapih, berikan sidang sarjana s1 ini adalah sidang yang pertama dan terakhir untuk kita masing masing dalam satu jurusan tersebut. Itu bukan berarti kita tidak bisa kuliah dengan jurusan s1 kembali, tapi lebih dimaksudkan tidak ada masalah/pengulangan dalam sidang tersebut.

·         Cari informasi mau secara formal maupun informal mengenai materi yang akan kita bawa pada ruang sidang, siapkan semua buku buku referensi, bawa semua copy materi yang bersangkutan agar ketika dosen penguji menanyakan referensi, kita dapat memperlihatkannya denan jelas.

·         Identifikasi diri dan info info dosen penguji ketika kita sudah mengetahuinya terlebih dahulu. Usahakan simulasi adaptasi terhadap karakter karakter yang akan kita hadapi.

·         Jaga kondisi pikiran, hati serta fisik masing masing, karena ini bukan sesuatu yang ringan dengan menghadapi para dosen dosen pengujinya. Disinilah mental kita juga diuji, jangan biarkan perasaan buat diri kita menjadi gabut.

·         Jangan menyediakan barang apapun untuk dosen penguji atau penyidang, bukannya melarang suatu kebaikan, tpai kita tidak tau karakter tiap tiap orang, lebih baik cari aman ketimbang ada prasangka untuk menyuap atau dianggap penjilat didepan mata mereka.

·         Jangan sekalipun tampak ‘berfikir’ ketika ditembak pertanyaan, jika memang butuh waktu untuk mengulur, ulurlah dengan membuat suatu investasi emosi.

Demikian beberapa point point kiat sukses dalam menghadapi sidang s1 dari saya, sesungguhnya ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya dalam menghadapi sidang sarjana muda diploma D3.

0 comments:

Post a Comment