Saturday, May 25, 2013

Kenapa Game Terkenal?



Tulisan kali ini akan membahas mengenai game design concept secara garis besar terhadap satu game yang saya ambil. Tulisan ini pun sebagai pelaksanaan tugas Pengantar Teknologi Game softskill. Langsung saja, tema yang akan saya bahas judulnya:

Apa yang membuat game terkenal?

Game game yang bertebaran di dunia sekarang sangat banyak, tapi tentu engga semuanya dapat diterima oleh penikmat game. Nah maka dari itu game mempunyai daya tarik sendiri sendiri, ya begini analoginya:

Sekarang ini saya ambil contoh game seperti GTA dan COD, tau kan semua? Yaudah kalo yang belum tau, GTA(Grand Theft Auto buatan Rockstar) lalu COD (Call Of Duty buatan Activision), nah ini dua game merupakan game besar, dimana gameplay, karakter setting lokasi nya pun ga main main hampir disesuaikan secara nyata. Apalagi suasana yang dirasain gamer nantinya, pasti kebawa deh.

Di kedua game ini penjualannya sangat laris ya.. kalo ga percaya cek aja google, wajarlah ya game ini laris karena fitur yang ditawarin oleh game ini sangat besar, dan nikmat pas maininnya. Tapi.. gimana sama angry bird?

Kenapa saya langsung ngomong angry bird? Angry bird kita tau game berbasis 2D ini sangat laku dipasaran, walaupun isinya ga sebesar GTA dan COD tapi dia bisa menyaingin tenarnya COD dan GTA istilahnya..

Nah ini dia yang dimaksud game concept, kenapa game booming karena ada game concept nya. Game concept menurut saya ada beberapa point, menurut saya ya..

1.      Storyline (Jalan Cerita)
2.      Gameplay
3.      Karakter
4.      Keselarasan Dialog

Disini saya mengambil contoh game dari Indonesia.. namanya:

“Up In Flames”




Game besutan Agate Studio dan perusahaan indie game publisher terkemuka – Chillingo akhirnya bisa tenar tiba tiba.. agate studio ini sendiri berasal dari bandung loh... saya juga baru tau pas baca baca. Dulu bahkan agate studio pernah rilis game game lainnya seperti:
·         Footbal Saga
·         Pocari Futsal
Jadi udah gausah diraguin lagi lah untuk kemampuannya dalam membuat membuat game..

Nah kenapa game Up In Flames menarik? Banyak temen temen saya di kampus dengan gadget ios nya memainkan ini..
Kenapa??

1.      StoryLine
StoryLine dari si Up In Flames ini mirip dengan Angry Bird. Tau kan gimana boomingnya si angry bird besutan rovio tersebut. Nah ini lagi dari bandung, Up In Flames, story nya dijabarin dulu nih sebelum bermain dengna extra singkat.. jadi penikmat tau lah gimana imajinasi awalnya dari game ini.

2.      GamePlay
Gameplay nya juga hampir sama dengan Angry Bird tapi bedanya dia menggunakan api untuk menghancurin musuh musuhnya.. layaknya angry bird dengan bermain sudut untuk ngelemparin burung burungnya. Game ini bergrafis 2D tipe nya slingshot puzzle. Nah karakter nya apa sih?? Lanjut dibawah

3.      Karakter
Karakter nan unik yaitu seekor naga lucu namanya BAFF dan musuhnya yang banyak bergonta ganti itu lah intinya.. nah disini uniknya kalo di angry bird imajinasinya burung lawan babi, kalo disini beda lagi nih, karakternya ga tanggung2 yaitu NAGA! Nah tuh gimana anehnya, naga aja adanya di cerita fiksi, nah sekarang dibuat game, kebayang kan gimana bentuknya?

4.      Dialog
Ini bagian penting nih, di ekstra nya bisa dibaca baca lah jadi agak mendukung player untuk ngerti gimana sih ini game akan berjalan..

Mungkin segitu aja dari saya semoga berkenan untuk melengkapi tugasnya..
sumber dapat dilihat pada:

http://gamexeon.com/up-in-flames-rilis-ios/


0 comments:

Post a Comment