Thursday, May 2, 2013

Rendering Farm


RENDERING FARM
Tulisan kali ini akan membahas mengenai RENDERING FARM dari secara umum maupun khusus dengan sederhana. Tulisan ini pun sebagai pelaksanaan tugas Pengantar Teknologi Game softskill. Langsung saja, tema yang akan saya bahas judul nya:

APA ITU RENDERING FARM
Rendering farm berasal dari kata rendering dan farm, masing masing mempunyai arti yang beda dan mempunyai satu makna jika disambungkan. Pembahasan satu persatu:

Rendering.
Rendering menurut saya dengan pencarian dari sumber sumber, merupakan proses untuk mengubah model geometri menjadi gambar. Nah untuk proses render nih, alias rendering, katanya memakan waktu yang sangat lama, dan juga dipengaruhi dengan spesifikasi hardware yang dimiliki juga tentunya. Jadi ya kalo missal membuat animasi pada blender serta memakai komputer yang spesifikasi rendah, walaupun animasi hanya berlangsung 3 menit tidak menutup kemungkinan akan memakan waktu yang lama ketimbang dengan menggunakan komputer berspesifikasi tinggi.
Lanjut ke renderingnya, tadi kan keluhannya kalo proses render itu pasti makan waktu yang lama kan, nah maka dari itu solusi ngatasinnya ya dengan memanfaatkan sumber daya grid untuk menjadi rendering farm, istilahnya lahan rendering.. 
Farm.
Farm kalo secara umumnya itu adalah lahan, ya pokoknya intinya kaya lahan cocok tanam lah, farmer kan pertain tuh, nah farm ya lahannya lah istilahnya.
Rendering Farm
Setelah penggabungan kedua kata, maka rendering farm adalah sekumpulan dari komputer yang bekerja secara bersama sama untuk melakukan proses render (rendering). Ditujukan agar memakan waktu yang lebih singkat/minimalisir.
Tools Rendering
Sama seperti lainnya, rendering juga mempunyai tools, disini tools yang saya dapatkan yaitu YADRA. Tools ini digunakan untuk membangun rendering farm seperti yang udah dijelasin diatas ya, cara kerja tools ini dengan melakukan proses parallel rendering. Yadra ini merupakan salah satu dari beberapa tools yang efektif jika digunakan untuk me render, karena cara kerjanya yang optimal. Cara kerjanya sendiri dengan memecah dan distribusikan frame animasi ke setiap komputer yang terdapat pada farm.



Selain YADRA terdapat juga blender yang dapat digunakan seperti yadra dalam melakukan rendering farm. Blender sendiri secara mudah didapatkan di internet.


Blender merupakan salah satu software multimedia yang ajib dan punya fitur banyak, dimana kita bisa memulai sebuah project animasi hingga selesai menggunakanannya. Jadi dapat dikatakan kalau kita dapat menggunakan semua fitur didalam blender maka kita tidak perlu repot menggunakan software lain untuk membangun animasi. Oleh karena Blender dapat digunakan untuk berbagai macam pengolahan digital, jangan heran kalau banyak sekali jenis jendela yang disediakan. Kita dapat memilih tampilan tampilan sesuai dengan keinginan, selain itu konsep tampilan yang freestyle cocok buat tiap pengguna untuk mendapatkan tampilan sesuai dengan keinginan masing masing.

Cara Kerja Render Farm
Pada dasarnya, konsep kerja render farm adalah membagi tugas rendering yang biasanya memakan waktu lama dan membutuhkan computing power yang besar ke beberapa komputer "biasa". Dari segi biaya, akan menjadi sangat mahal jika untuk me-render saja, harus menggunakan workstation, misalnya yang punya dual atau quad soket procie.
Proses kerja render farm pada dasarnya tergantung dari kebutuhan kita sendiri. Misalnya untuk me-render single frame, maka render farm tersebut akan "keroyokan" me-render satu gambar tersebut yang pembagian tugasnya secara otomatis dilakukan oleh workstation yang menyuruh.
Tapi untuk me-render animasi (multiple frames), biasanya tiap render slave (komputer yang ada di render farm tersebut) akan diberikan tugas masing-masing secara manual oleh kita sendiri. Contohnya: Jika kita memiliki 10 komputer di render farm, maka komputer A di assign untuk merender frame 1-100, komputer B frame 101-200, dst.




Biasanya selain perangkat jaringan biasa, untuk menghemat biaya dan tempat, render farm menggunakan kvm switch (1 keyboard, 1 mouse & 1 monitor untuk beberapa komputer) dan tentunya juga menggunakan ups ditambah generator untuk konfigurasi idealnya.

SUMBER:

0 comments:

Post a Comment